Untuk Mengurai Kemacetan, Pemudik di Rest Area Akan Dikelompokkan




faktualindonesia-Hari Raya Idul fitri adalah waktu dimana setiap umat muslim menanti untuk merayakan dengan suka cita, setelah melaksanakan puasa sebulan penuh.

 Idul fitri di Indonesia , berbeda dengan Negara-negara mayoritas muslim lainnya. Adat dan tradisi masih kental di Negara ini. Salah satunya adalah mudik pada saat Idul fitri/Lebaran. Tradisi mudik ini menjadi perhatian setiap kalangan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Karenanya pemerintah senantiasa memberikan perhatian atau kebijakan yang mengatur arus mudik Lebaran ini agar berjalan dengan tertib.

Saat arus mudik Idul Fitri 2018, Pemerintah membuat kebajikan dengan  memastikan kendaraan pemudik yang akan beristirahat di dalam rest area, akan dipilah sesuai kebutuhan pengendara,.
"Akan ada pembatasan kendaraan yang boleh parkir berapa jam, kemudian di dalamnya akan di cluster, mana yang akan makan, mana yang isi bensin, mana yang istirahat. Itu akan dibuat jalur khusus," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setyadi di Pelabuhan Merak, Selasa 22 Mei 2018.
Budi memprediksi, puncak arus mudik Idul Fitri 2018, akan terjadi pada H-3 dan H-2. Dengan adanya kebijakan pemerintah yang memberik perpanjangan cuti bersama, karena itu ia berharap, masyarakat tidak melakukan perjalanan di waktu yang bersamaan. Agar tidak terjadi pertumbahan para pengendara bermotor dijalan yang dilalui oleh pemudik.
Meski begitu, pengaturan di dalam dan sekitar rest area harus tetap dilakukan. Pihaknya mengaku akan terjadi penumpukan kendaraan pemudik hingga keluar rest area. Jika terjadi di waktu puncak arus mudik, hingga akan menimbulkan kemacetan panjang.
"Tapi sejak 2017, pada saat rest area menghadapi arus mudik. Rest area menjadi problem, menghambat arus lalu lintas, ada kemacetan di situ, karena tidak bisa menampung, masyarakat tidak disipilin, memarkirkan kendaraan di pinggir jalan," ujarnya.
Dengan dukungan dari Pemerintah yang berupa kebijakan yang menyokong, diharapkan perjalanan mudik para pengendara bermotor berjalan dengan aman dan nyaman. Agar sampai tujuan dengan selamat dan dapat berkumpul dengan keluarga yang dituju.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Petugas RSPCA Dapati Rumah Berisi 176 Bangkai Ternak

Robot Pembersih Sampah Sungai

Menkeu Sri Mulyani: APBN Kita Semakin Sehat dan Kuat