Penjelasan Zuckerberg Atas Skandal Cambridge Analytica Dikritik Parlemen Eropa




kolommedia-Mengacu pada peran perusahaannya dalam skandal Cambridge Analytica dan membiarkan berita palsu marak di platformnya, pendiri Facebook Mark Zuckerberg meminta maaf pada anggota parlemen Uni Eropa (UE) .

Zuckerberg meminta maaf karena Facebook digunakan untuk membahayakan pihak lain. Meski demikian, penjelasan Zuckerberg tidak memuaskan semua anggota parlemen dalam pertemuan itu. Beberapa anggota parlemen menganggap Zuckerberg menghindari berbagai pertanyaan mereka dan hanya memberi penjelasan secara umum.

Dinyatakan oleh seorang politisi Inggris, sesi tanya jawab di parlemen Eropa itu merupakan peluang yang hilang. “Sayangnya, format tanya jawab memungkinkan Zuckerberg memilih responnya dan tidak merespon pada poin setiap individu,” kata Damian Collins, kepala Komite Olahraga dan Media Budaya Digital parlemen Inggris.
Format sesi tanya jawab yang di lakukan di parlemen Eropa tersebut  sangat berbeda dari penjelasan Zuckerberg pada para anggota parlemen Amerika Serikat (AS) pada April lalu. Jika para politisi AS berkesempatan menanggapi ulang Zuckerberg dalam serangkaian tanya jawab, para pemimpin kelompok politik yang beragam di Parlemen Eropa menanyakan beberapa pertanyaan dalam satu kali sesi.
Zuckerberg harus menunggu hingga semua pertanyaan itu disampaikan sebelum menjawab setiap pertanyaan. Zuckerberg menghabiskan waktu 22 menit untuk menanggapi sejumlah pertanyaan pada sesi itu dan dapat memilih-milih pertanyaan yang akan dijawabnya.
Beberapa politisi mengaku tidak puas dengan format tanya jawab seperti itu dan bahkan ada yang menuduh karena alasan tertentu  Zuckerberg telah memilih format tersebut.
Dilain pihak, juru bicara Zuckerberg menyatakan bahwa  pihaknya tidak memilih struktur atau format tanya jawab. Ini dikonfirmasi oleh presiden parlemen Antonio Tajani.
Saat konferensi pers, Tajani menjelaskan anggota parlemen sangat sadar waktu Zuckerberg sangat terbatas untuk menanggapi semua pertanyaan. Dia juga menjelaskan, Zuckerberg bersedia menyediakan jawaban tertulis sebagai kelanjutan pertemuan itu.
Beberapa pertanyaan yang tidak dijawab oleh Zuckerberg seperti pertanyaan tentang apakah Facebook merupakan monopoli dan bagaimana perusahaan berencana menggunakan data dari divisi WhatsApp. pernyataan tentang profil bayangan atau apakah data non pengguna-Facebook juga dikumpulkan, juga tidak dijawab secara langsungy olehnya.
Beberapa anggota parlemen menyatakan skeptis tentang bisnis tersebut. Anggota parlemen Guy Verhofstadt bertanya pada Zuckerberg apakah dia ingin diingat sebagai jenius yang menciptakan monster digital. Pertanyaan ini tidak dijawab Zuckerberg.
Anggota parlemen Inggris dan pendukung Brexit, Nigel Farage berpendapat Facebook bukan platform yang netral secara politik. Dia bertanya apakah Facebook mendiskriminasikan para komentator kelompok tengah-kanan.
“Facebook tidak pernah membuat keputusan tentang apa konten yang diizinkan pada basis orientasi politik.” Respon Zuckerberg atas pertanyaan itu.
Menanggapi pertanyaan lain, Zuckerberg juga menyatakan dia berupaya menemukan aplikasi lain yang menyalahgunakan data konsumen. investigasi internal  tengah ia tekankan pada ribuan pengembang pihak ketiga untuk melihat apakah ada kasus sama dengan skandal Cambridge Analytica, dan hal itu membutuhkan waktu berbulan-bulan.
Format pertemuan di Parlemen Eropa itu membuat Zuckerberg dapat mengelompokkan berbagai pertanyaan dalam penjelasan yang lebih luas. Jika membaca blog dari Facebook yang dipublikasikan dalam tiga bulan terakhir maka semua informasi yang diungkapkan Zuckerberg itu telah ada.
Atas hal tersebut beberapa anggota parlemen terlihat marah , karena merasa penjelasan Zuckerberg kurang memuaskan kekhawatiran mereka. (Syarifudin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Petugas RSPCA Dapati Rumah Berisi 176 Bangkai Ternak

Robot Pembersih Sampah Sungai

Menkeu Sri Mulyani: APBN Kita Semakin Sehat dan Kuat