Eks Presiden Catalonia kabur dari Finlandia Ketika Hendak di Tangkap





kolomwarta-Mantan presiden Catalonia, Carles Puigdemont, berhasil lolos dari upaya penangkapan polisi Finlandia. Pengacara Puigdemont mengatakan kliennya sudah meninggalkan negara tersebut.
Puigdemont diketahui menetap di pengasingannya di Belgia. Dia mengunjungi Finlandia sejak Kamis untuk melakukan pembicaraan dengan anggota-anggota parlemen.

Wacana untuk menunjuk presiden baru menyusul penangkapan kandidat terbaru sudah dibatalkan, ketegangan semakin tinggi di Catalonia dan partai separatis.
"Saya menegaskan bahwa Presiden Puigdemont tak lagi di Finlandia," kata pengacaranya Jaume Alonso Cuevillas dalam cuitannya, tanpa menyatakan di mana bekas pemimpin Catalonia itu berada seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (25/3/2018).

Anggota parlemen Finlandia, Mikko Karna, juga membenarkan perihal itu. Ia mengaku tak tahu bagaimana cara Puigdemont keluar dari negaranya untuk kembali ke Belgia.
Sejak Jumat, setelah sebelumnya mengatakan kepada media bahwa ia tak berhubungan dengan yang bersangkutan.
Puigdemont dicari oleh Spanyol atas tuduhan "pemberontakan" dan "hasutan".
Spanyol pada Jumat juga mengeluarkan surat perintah penangkapan internasional untuk lima separatis lainnya, tergolong 4 bekas menteri yang juga di pengasingan di Belgia.

Biro Investigasi Nasional Finlandia (NBI) mengkonfirmasi sebelumnya pada hari Sabtu bahwa mereka sudah menerima surat perintah penangkapan Eropa untuk seorang masyarakat Spanyol yang mengunjungi Finlandia, tetapi tidak tahu keberadaan orang tersebut.
"Kami tak mempunyai kontak dengan orang itu sendiri atau asistennya," kata inspektur kejahatan NBI, Hannu Kautta.

Pengacara Puigdemont sebelumnya mengatakan kepada Catalunya Radio bahwa kliennya tak akan mencoba melarikan diri dari penangkapan.
“Ketika surat perintah penangkapan Eropa dikeluarkan (pertama kali), dia memasrahkan dirinya untuk pengadilan dan polisi Belgia, dan ia bakal melakukan hal yang sama saat ini. Aku belum berbincang dengannya, tetapi ini jelas, ya,” kata Cuevillas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Petugas RSPCA Dapati Rumah Berisi 176 Bangkai Ternak

Robot Pembersih Sampah Sungai

Menkeu Sri Mulyani: APBN Kita Semakin Sehat dan Kuat