Rusia, NATO Blok Militer yang Tidak Ada Gunanya


FaktualOnline - Kementerian Luar Negeri Rusia menyebut NATO sebagai blok militer yang tidak berguna. Pernyataan itu merupakan tanggapan setelah NATO menyalahkan Moskow atas kegiatan provokasi di dekat perbatasan blok pertahanan bentukan Amerika Serikat (AS) itu.

"Sementara blok militer NATO yang tidak berguna menuduh kami melakukan kegiatan provokatif dan menggeretakkan giginya di Brussels, kami bersiap-siap untuk menonton Piala Dunia 2018," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam tweetnya seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (12/7/2018).

KTT satu hari di Belgia ditutup pada Rabu dengan kepala negara-negara sekutu dan pemerintah mengeluarkan deklarasi di mana mereka mengecam Rusia karena postur militernya, termasuk penyebaran rudal-rudal modern di eksentrik Baltic Kaliningrad dan penumpukan militer di Crimea.

"Tindakan agresif Rusia, termasuk ancaman dan penggunaan kekuatan untuk mencapai tujuan politik, menantang Aliansi dan merusak keamanan Euro-Atlantik dan tatanan internasional berbasis aturan," bunyi deklarasi itu.

NATO juga mencatat bahwa blok itu tetap terbuka untuk berdialog dengan Moskow.

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, mendesak agar untuk tidak mengisolasi Rusia karena masalah yang ada antara Moskow dan negara-negara anggota NATO. Ia pun menekankan perlunya dialog.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Petugas RSPCA Dapati Rumah Berisi 176 Bangkai Ternak

Robot Pembersih Sampah Sungai

Menkeu Sri Mulyani: APBN Kita Semakin Sehat dan Kuat