Negara-negara Yang Mempunyai Waktu Puasa Tersingkat





kolommedia-Selama sebulan dalam bulan Ramadhan, setiap umat muslim melakukan puasa pada siang hari, dimulai dari sebelum terbit matahari sampai setelah matahari terbenam.

 Namun, perlu diketahui karean musim dan lokasi sebuah negara, durasi berpuasa setiap muslim di beberapa negaraa berbeda-beda.
Seperti dibulan Juni ini, negara-negara belahan utara Bumi yang mengalami musim panas membuat durasi puasa menjadi panjang.
Sebaliknya, di belahan sebelah selatan Bumi mengalami musim dingin sehingga durasi puasa menjadi lebih pendek.

Berikut negara dengan durasi puasa tersingkat di dunia.
  1. Cile
Fareed Maymoun bekerja sebagai pekerja konstruksi di negeri Amerika Selatan itu. Berpuasa tahun ini merupakan pengalaman yang mengesankan bagi Fareed.
"Ini waktu yang penting bagi saya. Selama tiga tahun tinggal di Cile, Ramadhan memiliki arti yang sangat istimewa bagi saya. Hari pertama ditandai dengan berkumpul di masjid dan berbuka puasa bersama," ujar Fareed, seorang imigran asal Maroko.
Tahun lalu, durasi puasa di Cile berkisar 10 jam yakni sahur pukul 06.34 dan buka puasa pukul 16.41 waktu setempat.
  1. Australia
Seseoran kelahiran di Indonesia bernama , Lami Hopman dan kini tinggal di Melbourne bersama suaminya mencoba berpuasa puasa dan shalat tarawih dengan warga Indonesia di kota itu.
"Saya cukup aktif di komunitas Muslim Indonesia. Jadi alhamdulillah saya memiliki banyak kesempatan untuk bertemu dengan mereka selama Ramadhan," kata Ibu dua anak ini.
Dibandingkan dengan umat Muslim di belahan bumi utara maka warga Australia mengalami durasi puasa lebih pendek yaitu sekitar 11 jam per hari.
  1. Afrika Selatan
Menjelang bulan suci Ramadan, Muslim di Afrika Selatan menunggu Maan Kykers yang secara harfiah berarti "pengamat bulan".
Maan Kykers dilakukan di satu puncak tertinggi kota Cape Town untuk menentukan awal Ramadhan atau Idul Fitri.
Saat ini, Afrika Selatan tengah waktu terdingin sepanjang tahun. Maka pada tahun ini, berpuasa di negara ini memerlukan waktu 11,5 jam.
Waktu subuh di Afsel dimulai pada pukul 06.12 dan pukul 17.47 tibalah waktu berbuka puasa.
  1. Argentina
Dibandingkan dengan Finlandia yang rata-rata memerlukan waktu 20 jam tiap harinya,durasi puasa di Argentina lebih singkat.
Dengan Ramadhan tahun ini bertepatan dengan titik balik matahari musim panas di belahan Bumi sebelah utara. Alhasil negara-negara yang lebih dekat dengan Lingkaran Artik berpotensi mendapatkan sinar selama hampir 24 jam. Sementara di belahan selatan, waktu rata-rata antara matahari terbenam hingga terbit kembali selama 12 jam.
Akibat dari titik balik matahari itulah umat Muslim Argentina berpuasa selama 11,5 jam dimulai pukul 07.01 pagi hingga 18.38.
  1. Selandia Baru
Di Selandia baru umat Muslim akan berpuasa selama 11 jam setiap hari, yakni terhitung dari pukul 5.58 pagi sampai 18.31 ketika saat berbuka puasa.
Durasi puasa di Selandia Baru merupakan satu yang terpendek di dunia dibandingkan 20 jam di Eropa atau sekitar 15 jam di Timur Tengah.
Dikatakan oleh Dr Zain Ali, kepala studi penelitian Islam, hal itu menempatkan Selandia Baru dalam posisi yang baik untuk memasarkan dirinya sebagai tujuan wisata Ramadhan
"Selama Ramadhan, turis-turis kaya akan pergi ke hotel, di mana mereka tidak perlu khawatir tentang tugas-tugas harian selama bulan puasa, dan fokus pada spiritualitas mereka," kata Zain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Petugas RSPCA Dapati Rumah Berisi 176 Bangkai Ternak

Robot Pembersih Sampah Sungai

Menkeu Sri Mulyani: APBN Kita Semakin Sehat dan Kuat